panduan sederhana bisnis rumah kost

Ingin memiliki bisnis kost yang berhasil di tahun pertama? Selain keberuntungan punya tempat strategis atau ada uang untuk membeli tempat strategis, keberhasilan bisa kita siapkan.

Berbisnis kost di kota besar itu sering penuhnya. Minimal, pemasukannya bisa menutup operasional plus ada sisa untuk harian.

Kota besar seperti Jakarta memiliki banyak sekali pekerja yang berasal dari luar kota.

Mereka, saat awal akan menggunakan kost sebelum bisa membeli rumah atau apartemen sendiri.

Bagi Anda yang sudah memiliki tanah di dalam kota, ini kesempatan untuk mendirikan rumah kost. Saat ini, sebuah kost di Jakarta yang ada di daerah nyaman harganya mulai Rp 2 juta sebulan.

Jika ada kamar 10 terisi, jumlah penghasilan pasif ini lumayan besar. Banyak karyawan / anak kost disana yang belum punya gaji setengah dari penghasilan kost Anda.

Untuk bangunan, sebaiknya Anda persiapkan dengan baik supaya untungnya maksimal.

Anak kost di Jakarta menyukai lokasi dekat kantor. Mereka juga tidak suka lokasi banjir. Jika kedua kriteria itu masuk, harga kost biasanya lumayan tinggi.

Selain rumah khusus kost, Anda bisa juga menyewakan rumah pridbadi dengan kamar sisa untuk kost. Tetapi, biasanya anak kost ingin privasi agak banyak. Jadi, minimal kamar mandi terpisah dari keluarga Anda. Juga, tempat mencuci dan keluar masuk yang tidak harus melewati ruang pribadi pemilik kost.

Kalau kurang terpenuhi, pilihan kost lain banyak dan kita bisa kehilangan kesempatan.

Meskipun begitu, kita tetap bisa mengadakan aturan tertentu seperti kost kita bukan kost campuran.

Kemudian, untuk pagar, supaya membawa kunci sendiri dam selalu dikunci saat keluar rumah.

Tips-Sukses-Memulai-Investasi-Kostan

Tips berbisnis kost sukses tahun pertama

  • Lokasi

Jika sudah memiliki lokasi yang bagus, bisa dilanjutkan dengan membangun kamar atau fasilitas yang memadai. Kost di lokasi bagus ( dekat kantor ) itu membuat perjalanan menjadi efisien. Tidak macet, tidak menambah biaya dan tidak capek dijalan.

  • Harga bersaing

Lokasi strategis memang membuat harga menjadi tinggi. Tetapi, ada baiknya kita menawarkan harga yang sulit ditolak. Jika kost lain harganya 2 juta sebulan, kita tawarkan 1,9 juta. maka orang tetap akan memberi pertimbangan.

Biasanya, pencari kost senang membandingkan banyak lokasi kost sekaligus. Jadi, mereka cenderung memilih yang “value” juga.

  • fasilitas yang baik

Kost mahasiswa tidak selalu perlu kamar mandi dalam. Tetapi, pastikan jumlahnya mencukupi dan sebisa mungkin selalu ada yang kosong setiap saat.

Jadi, saat pagi, ada 4 kamar mandi terisi dan 1 kosong. Saat yang satu tadi diisi, perlu ada yang lain yang orangnya diperhitungkan sudah keluar.

Untuk kost karyawan, syarat ini menjadi penting. Mereka tidak mau terlambat berangkat kerja.

Selain kamar mandi, fasilitas penting lainnya adalah fasilitas parkir. Sebisa mungkin, kendaraan anak kost tidak berebut tempat dengan kendaraan tuan rumah.

Kalau kejadian begitu, akhirnya anak kost akan memilih pindah.

Jika pasar harga dan fasilitas kita lumayan eksklusif, pastikan ada tempat parkir dalam halaman untuk mobil. Jangan sampai mereka parkir mobil menginap di pinggir jalan.

Pastinya, mayoritas akan pindah juga atau tidak malah jadi menggunakan kost tersebut sejak awal.

Kamar mandi dan parkir, adalah 2 fasilitas penting. Jika kita kesulitan mengadakannya, kita harus berani menurunkan harga dibanding kost lain yang fasilitas kamarnya serupa. Jika tidak, anak kost tidak bertahan lama dan kita harus promosi terus – menerus.

Untuk furnitur, terserah Anda. Anda bisa menawarkan kamar dengan furniture atau kamar kosong tanpa furnitur.

Tetapi, anak kost yang baru belum memiliki furnitur. Jadi, jika kamar kost kita sudah ada lemari, meja belajar / meja kerja dan tempat tidur, akan ada nilai plus juga.

  • Bangunan tidak bermasalah

Tidak bermasalah artinya aman dari kebocoran genting hingga tidak bermasalah dalam arti secara hukum.

Untuk kebersihan, kamar mandi, ruang tamu dsb mesti kita bersihkan secara teratur.

  • Menjaga kebersihan dan kenyamanan

Kebersihan dan kenyamanan kamar kost mungkin menjadi kewajiban anak kost secara pribadi. Tetapi kebersihan dan kenyamanan rumah kost biasanya diharapkan dijaga oleh pemilik kost.

Cat pudar akan mengurangi daya tarik kost begitu juga WC yang kotor. Akan terkesan jorok dan orang malas untuk menggunakannya.

Inilah-Strategi-Memulai-Bisnis-Kosan-sukses tahun pertama

  • Berpromosi

Penghuni kost itu selalu berubah – ubah. Jika anak kost penghasilannya sudah meningkat, mereka akan mulai membeli rumah atau apartemen.

Jadi penghuni kost adalah orang baru. jadi, promosi kita harus selalu kencang karena calon penghuni kost hampir pasti belum mengenal kost kita.

Untuk mahasiswa, akan lebih suka pindah juga. Karena mereka lebih suka mencoba – coba dan waktu mereka di kost lebih banyak dibanding karyawan yang cuma mampir untuk tidur di kost.

Berpromosi secara online akan menguntungkan. Kita bisa menjangkau calon anak kost sejak mereka masih berada di daerah masing – masing.

Plus, selalu menempatkan tulisan “menerima Kost” di depan pagar jika memang ada kamar kosong. Cara promosi ini lumayan efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here