strategi-bisnis-restoran-yang-sukses

Bisnis yang selalu bersinar diantaranya adalah bisnis kuliner. Ini karena bisnis kuliner selalu dibutuhkan orang.

Bisnis kuliner sendiri juga bisa berbagai jenis. Kita bisa mulai dengan makanan yang hanya 1 jenis makanan seperti sate. Tetapi bisa juga membuat bisnis kuliner yang lengkap seperti restoran dengan berbagai macam masakan.

berbisnis rumah makan memang besar tantangannya. Biaya yang dibutuhkan untuk menalangi makanan yang tdak laku akan lumayan besar.

Tetapi, hal semacam ini bisa kita minimalkan dengan selalu berpromosi dan membuat makanan yang memang banyak laku. Dan sebisa mungkin juga enak dan konsisten rasanya.

Berikut ini ada beberapa kunci sukses pengusaha restoran atau warung makan

Selalu berpromosi

Ini intinya adalah kita harus selalu berusaha supaya ada penjualan dalam jumlah yang layak. Apapun jenis masakan dan bagaimanapun enaknya masakan kita, jika orang tidak tahu ya percuma.

Jika mengandalkan promosi dari mulut kemulut, pasti lama. Jadi, kita mesti memanfaatkan semua sumber daya yang ada untuk berpromosi.

Medsos, internet, Youtube atau sekedar selebaran biasa bisa sangat bermanfaat untuk berpromosi.

Jenis masakan yang dijual

Jenis masakan yang memang langgeng akan menentukan perkembangan kedepan. Hasil olahan pisang, bisa menjadi trend dalam waktu singkat. Tetapi, bisa bosan juga lama – lama.

Masakan seperti sate, ayam goreng atau gado – gado justru terbukti bisa tahan lama usia bisnisnya.

Selain jenis masakan yang praktis, kemudahan memasak juga menentukan produktifitas kita sebagai pengusaha kuliner.

Jika fokus hanya memasak penyetan ayam, telur, bebek serta tahu tempe / terong, maka kita bisa lebih mudah menjalaninya.

Bayangkan jika ada orang yang membuka restoran dengan menu, sayur lodeh, sop, gado – gado. ayam goreng. ayam bakar serta masih membuat ikan pindang dan sebagainya.

Jika kita belum berpengalaman, maka sebaiknya fokus di jenis terbatas dahulu seperti soto atau sate.

strategi-bisnis-restoran-yang-sukses 1

Lokasi usaha

Lokasi usaha yang strategis bisa menggantikan promosi yang kencang. Membuka warung soto didepan sebuah pabrik berkaryawan ribuan pasti hampir selalu laku tiap hari. Tanpa promosi tanpa inovasi menarik konsumen.

Selain strategis, pastikan Anda memiliki tempat parkir yang mudah diakses dan aman.

Jika lokasi usaha kita di sebuah tempat biasa yang pelanggan datang dengan kendaraan, maka adanya tempat parkir akan sangat membantu.

Jika tempat parkir susah, maka orang malas menghentikan kendaraan untuk makan.

Bahan baku segar

Membeli dari pasar saat pagi hari menjadi pilihan. Restoran besar yang laris memiliki supplier sayur segar, daging segar dan semacamnya. Jika tidak ada supplier, restoran besar membeli di pasar dalam jumlah besar dan menyimpan di pendingin.

Apakah Anda perlu pendingin? Ya tentunya tergantung kapasitas produksi Anda. Tetapi, kita harus mulai menanajemen bahan baku kita dengan baik.

Masakan konsisten

salah satu hal yang sangat penting bagi bisnis kuliner adalah konsistensi rasa. Rasa jangan sampai berubah. Jika bertambah enak silahkan. Tetapi jangan sampai turun lagi.

Konsumen akan mencatat bahwa rasa masakan kita berubah. Dan, mereka akan mulai mencari pengganti kita ditempat lain.

Supaya rasa masakan sama, pastikan Anda minimal mencatat resep yang digunakan untuk membuat suatu masakan.

Andaikata koki Anda memasaknya berbeda, Anda bisa membuat bumbunya sendiri. Dia yang memasaknya lebih lanjut untuk Anda.

Tenaga kerja

Sebuah rumah makan yang sibuk perlu tenaga kerja yang cepat dan cekatan. Rumah makan yang sibuk memerlukan karyawan yang cekatan. Jika terkesan lambat, pelanggan secara naluriah malas untuk kembali lagi.

Modal

Seperti disebutkan didepan, bisnis makanan ( terutama warung makan / restoran ) ini membutuhkan dana untuk menalangi makanan yang tidak terjual. Jadi perlu uang yang agak banyak untuk modal.

Berapa lama? mungkin sekitar 3 bulan. banyak tetapi karena itu kita harus selalu berpromosi supaya restoran kita segera laku.

Jika mau mulai bisnis kuliner dengan resiko makanan tidak laku lebih kecil, bisa saja sekedar menerima katering. Tetapi ya, tetap berpromosi setiap waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here